3/25/2015

Apa sih artinya Notebook, Netbook, dan PC Dekstop?

Desktop, Notebook dan Netbook. Masing-masing jenis perangkat komputer itu dapat dilihat dari bentuk fisik maupun kegunaanya. 
Dan berikut penjelasan singkat dari masing-masing perangkat tersebut.

Desktop PC, merupakan perangkat komputer yang terdiri dari CPU (Central Processing Unit), monitor dan perangkat lainnya. Desktop PC sering kita jumpai diperkantoran, kampus, warnet maupun rumah. Pada komputer Desktop, terdapat 2 macam monitor yang sering di padukan dengan CPU, yaitu monitor CRT dan monitor LCD. Desktop PC mudah dikenali karena CPU dan monitornya terpisah.

Notebook, atau lebih dikenal sebagai laptop. Keunggulan dari Notebook adalah sifatnya yang mudah dibawa (mobile). Sebagian Notebook juga memiliki kemampuan yang tinggi, sehingga menjadi pengganti desktop PC yang bisa diandalkan. Notebook mempunyai harga yang relatif lebih tinggi dari pada komputer Desktop dan memiliki keterbatasan jumlah maksimal perangkat yang bisa ditambahkan. Sebagai contoh, desktop PC dapat memuat hingga 3 keping memori (RAM, Random Access Memory) namun sebagian besar laptop hanya menyediakan 1 atau paling banyak 2 buah slot untuk memory.

Netbook, merupakan generasi terbaru dari Notebook namun berukuran lebih kecil dan biasanya memiliki daya dalam mengolah data lebih rendah daripada Notebook. Jika layar LCD pada Notebook rata-rata berukuran antara 12-14, layar Netbook umumnya berukuran 8-10. Netbook lebih ringan dan dan mudah dibawa karena bentuknya kecil dan tipis. Harga Netbook lebih murah dari Notebook karena spesifikasi Netbook lebih rendah. Selain spesifikasi yang lebih rendah, harga Netbook lebih rendah karena tidak menyertakan beberapa pheriperal yang umumnya disertakan pada Notebook, misalnya optical drive (CD/DVD ROM/RW).

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan jejak anda dengan berkomentar disini.