1/18/2014

Membeli smartphone yang rekondisi atau originally ?

Helo sahabat pecinta teknologi, akhir-akhir ini pasar smartphone sangat banyak digemari. Untuk itu topik kali ini adalah "cara mengetahui smartphone originally dan menghindari produk rekondisi".


Salah seorang teman saya yang baru saja membeli sebuah smartphone samsung galaxy seharga 2jt an, katanya itu adalah barang black market. Tapi setelah di intip lebih dekat, ternyata produk yang dibelinya itu adalah produk rekondisi seperti kualitas hp china harga 500rb an. Kenapa? Dilihat dari hasil kameranya yang katanya 8mp tetapi mempunyai hasil seperti kamera vga biasa. Jika dilihat performa grafisnya yang berkualitas tinggi, tapi setiap bermain angry bird lama kelamaan layar tidak bisa lagi dikontrol alias Hang. Dan masih banyak fungsi yang tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya seperti sensor gesture, sinyal yang lemah dan terkadang drop, unitnya yang sangat ringan, etc.

Baiklah kita langsung ke inti pokok permasalahannya sebagai berikut. Produk rekondisi atau refurbish product merupakan produk-produk yang dirakit ulang oleh pihak yang bukan dari pihak produsen menggunakan beberapa komponen bekas yang belum teruji kualitasnya. Produk yang sering di rekondisi adalah produk yang memiliki minat pasar yang tinggi, seperti LG, Samsung, Blackberry, iPhone, Sony dan produk terkenal lainnya sehingga banyak oknum yang memanfaatkan kesempatan ini. Produk black market atau rejecting belum tentu rekondisi, karena bisa saja produk tersebut berasal dari rejecting suatu negara atau produk gagal. Tetapi juga ada kemungkinan produk itu berbau rekondisi, karena produk terkenal yang berlabel murah itu menyimpan banyak misteri dibalik kemurahanya itu :) ,kalau begitu mari kita lihat beberapa kiat yang aman pada saat ingin membeli smartphone bukan rekondisi (original).

  • Telitilah melihat casing dari smartphone yang ingin anda beli, karena smartphone rekondisi juga menggunakan casing yang baru sehingga terlihat sama dengat produk aslinya.
  • Pilihlah produk yang memiliki garansi resmi dan bukan garansi toko, karena produk rekondisi hanya memiliki garansi toko atau outlet.
  • Belilah produk pada outlet atau distributor yang ternama atau resmi.
  • Produk asli biasanya lebih berat dari pada produk palsu.
  • Produk asli memiliki stiker hologram / segel pada kotaknya. Dan pastikan kotaknya belum pernah dibuka.
  • Lihat kelengkapan pendukung produk seperti charger, headset dll. Pastikan peralatan tersebut terbungkus rapi dan memiliki merk yang sama dengan produk.
  • Belum ada goresan pada bagian dalam body belakang baterai, pastikan bagian itu masih mulus.
Itulah beberapa informasi yang harus  ketahui pada saat ingin membeli suatu produk, jangan tergiur tawaran murah atau promo murah. Untung untung jika anda mendapat produk black market asli, jika tidak maka anda akan dapat barang bekas yang tidak berkualitas. Untuk itu berhati hatilah. Semoga bermanfaat, sekian terima kasih.





No comments:

Post a Comment

Tinggalkan jejak anda dengan berkomentar disini.